( INFO ) :PELATIHAN DOKUMENTASI FOTO SENI PERTUNJUKAN 24 - 29 JULI 2011

INDONESIAN CHANNEL PHOTO WORKSHOP/ICPW

Mengundang fotografer, yang berminat menekuni atau ingin mengerti proses kerja artistik dan teknis pemotretan untuk foto panggung. Pelatihan fotografi ini dinamai Indonesian Channel Photo Workshop/ICPW, garapan proyek dokumentasi pra, event dan paska. Dalam rangkaiannya, partisipan akan diberikan teknis dokumentasi, menentukan arah cerita/alur, tematik, dan teknis fotografi, yang akan diberikan oleh mentor fotografer yang menekuni foto panggung.

SINOPSIS
Minimnya pelaku dokumentasi fotografi untuk seni panggung di Indonesia, maka seni pertunjukanpun kurang sekali ditampilkan dalam fotografi. Kesempatan ini hendak ditawarkan dalam garapan bersama, baik itu pada seniman panggung, pekerja seni dan manajemen pertunjukan, fotografer akan turut berproses dalam proyek dokumentasi. Workshop fotografi ini terbagi menjadi tiga tahap; baik itu sebelum-saat pertunjukan dan setelahnya, melalui pameran karya (tentatif).
Pemberian materi-pembekalan pada pra-pertunjukan, teknis pemotretan pada saat pertunjukan dan presentasi karya setelahnya-paska event. Karya yang terpilih, bisa digunakan penyelenggara pementasan (Indonesia Channel) untuk tujuan promosi atau dokumentasi karya, seijin fotografer yang bersangkutan.
Proses pendokumentasia ini dianggap sangat penting, karena turut mengkomunikasikan proses kreatif penggarapan pertunjukan, hingga mengkomunikasikan karya pertunjukan, maka Workshop Foto Seni Pertunjukan/WFSP penting dilaksanakan.

Apa itu Indonesian Channel?
Adalah kolaborasi lintas budaya, yang digagas oleh Kementrian Luar Negeri (http://www.deplu.go.id/Lists/News/DispForm.aspx?ID=4110) sebagai pemahaman lintas budaya antar etnis-suku dan negara. Event ini diselenggarakan di Eldorado DOME Setiabudhi Bandung (29 Juli 2011)

Durasi workshop
22 hingga 30 Juli 2011 (Pemberian materi, asistensi, pemotretan, presentasi dan diksusi)

Benefit
Partisipan akan mengenal rangkaian kerja, cara melihat dan menentukan sudut cerita, menentukan tema, konten dan opini. Karya terbaik akan dipamerkan oleh Indonesian Channnel (tentatif)

Mentor
Ray Bachtiar Drajat, Krisna Satmoko, Sandi “Usenk” Jaya Saputra dan Eki Qushay Ikhwan (dalam konfirmasi)

SYARAT DAN KETENTUAN
Setiap calon partisipan yang hendak bergabung, harap MENGIRIM KARYA yang berkaitan dengan dengan foto seni pertunjukan (panggung musik, teater dll) untuk diseleksi (1 hingga 20 Juli 2011). PARTISIPAN YANG LOLOS (21 Juli 2011), berhak maju dan menyelesaikan administrasi (21-23 Juli 2011, lihat Investasi), kemudian akan mengikuti pembekalan untuk persiapan dan perencanaan pemotretan seni panggung (24-30 Juli 2011)
Pengiriman karya dalam bentuk aplikasi: KIRIMKAN 5 KARYA TERBAIK untuk foto seni pertunjukan. SERTAKAN nama, alamat, hp, email, web dan karya  (sisi terpanjang 2500 pixel, monochrome atau warna) ke: fotolisisbdg@gmail.com  kemudian konfirmasi sms ke 081322393930.
PALING LAMBAT HINGGA TANGGAL 20 JULI 2011.
BAGI CALON PESERTA YANG TIDAK TERPILIH BERDASARKAN KARYA YANG DIKIRIM,  dinyatakan gugur (pemberitahuan melalui email). Begitupula dengan tidak mengikuti ketentuan panitia penyelenggara, baik itu tidak mengikuti sesi pembekalan, presentasi dan pemotretan, dianggap mengundurkan diri, secara otomatis tidak akan mendapatkan fasilitas (ID CARD, T-shirt dan sertifikat)

Waktu
1-20 Juli 2011. Tahap seleksi, calon partisipan mengirimkan 5 karya ke fotolisisbdg@gmail.com
21 Juli 2011. Pengumuman partisipan yang diterima berdasarkan karya yang dikirim. Bagi yang diterima, untuk segera menyelesaikan administrasi (lihat investasi)
24-26 Juli 2011. Pembekalan materi dan diskusi; menentukan tema (Ray Bachtiar, Krisna Satmoko)
27-28 Juli 2011. Pemotretan, presentasi, evaluasi dan diskusi (Krisna Satmoko, Sandi Jaya Saputra dan Eki Qushay Akhwan)
29 Juli 2011. Pemotretan  (Eldorado DOME, Setiabudhi atas Bandung)
30 Juli 2011. Presentasi karya, evaluasi dan diskusi (Krisna Satmoko, Sandy Jayasaputra)
4-12 Agustus 2011. Proses editing karya/kurasi

Investasi
Rp. 150.000., termasuk t-shirt, id card  all acces, handout, mentoring/asitensi dan sertifikat

Pendaftaran
Batas akhir pembayaran tanggal 22 Juli 2011, jumlah partisipan terbatas, hanya 20 orang!

Acc. Deni Sugandi
BCA 7770577092 dan MANDIRI 1310009796816
(Harap melakukan konfirmasi pembayaran via sms 081322393930, atau email ke fotolisisbdg@gmail.com setelah transfer)

Organiser
Diselenggarakan oeh Fotolisis, organiser untuk pendidikan fotografi. Mengupas fotografi sebagai medium ekspresi seni, kreatifif dan aktualisasi artistik. Ragam program lainya telah dilakukan sejak tahun 2010; diskusi fotografi, seminar, pelatihan, sarasehan, bedah buku, film review hingga ekskursi fotografi.

Email      : fotolisisbdg@gmail.com
Web        : fotolisis.net
Twitter   : @fotolisisbdg
Info         : 081322393930

source : http://www.fotolisis.net/2011/06/29/indonesian-channel-photo-workshopicpw/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentarmu.
Lets share with us...

Slow Down Instrumental 1

Slow Down Instrumental 2